Sabtu, 16 Januari 2010

Wifi ? Ngenet ! YES :)

Hi there my blog!!
it's been a long time.. :)

udah sekian tahun lho sejak dibuatnya blog ini! Ternyata blogger baik juga ya, ngga ngehapus account blog ini. (Alhamdulillah)..
Malahan mah, isinya pun masih "awet" banget!
Artinya, blog ini udah sekian lama jadulnya dan isinya perlu diperbarui lagi.



Sekarang ga terasa waktu uda berlalu sekian lama, udah jadi mahasiswa (hampir) semester 4. Dulu sih ngenet itu enaknya ya di kantor ibu yang kecil nan mini samping rumah, pake koneksi Telkom Speedy yang berkisar 100-200kbps, bahkan ampe sempat kebagian yang 1mb waktu Telkom upgrade kecepatannya. Sekarang yang namanya ngenet udah bisa dimana aja. Di kampus, lokasi ngenet ga cuman via LAN-Connection kayak beberapa tahun lalu. Sekarang banyak yang memanfaatkan teknologi Wireless Fidelity (Wi-Fi) yang beroperasi di jalur bandwith a/b/g/N.




Saking mudahnya pemakaian wi-fi ini alias 'tinggal connect', banyak mahasiswa yang mulai berprinsip "ga peduli meskipun harus lesehan, gogoleran, pokoknya kudu dapet sinyal bagus!! ditambah terminal listrik juga deng.. titik!!".
kayak penampakan dibawah ini nih. hehehe..


"kamu buka apaan sih jo?" - ini lho, donlod wallpaper dari situs paling ho~t..!!~.. :) - "wah, semriwing lu jo. ternyata animalplanet.com"


Itulah salah satu dampak pemanfaatan wi-fi. Satu sisi emang bagus internet mulai merambah masyarakat luas, tapi di sisi lain bisa muncul kesan "rakus" dari para penggunanya karena di hampir setiap hotspot pasti terjadi perebutan bandwith (kecepatan) dari kapasitas yang tersedia.
Ada ciri lain juga dari pengguna wifi umum terutama di daerah Jawa Barat, biasanya user sering ngeluarin kata-kata pusaka ini nih:

1. "Kok ga konek-konek ya?"
(deritaloe, makanya bismillah..)

2. "Konekin dong cing.."
(hau~ itu tinggal klik aja ini, nah trus klik itu, tuh kan konek)

3. "Sinyalnya ini mah yang jelek.."
(gimana ngga jelek, kan menyesuaikan ama interface milik usernya)

4. "Yes!! Konek euy.."
(bagooos... sini, saya coba dulu. kalo nyampe dua jam ga mati-mati berarti emang konek)

5. "Aduh.. lagi asik teh malah lowbat.."
(makanya, bawa tiang PLN dong ah)

6. "Eh, aku-eun ih pengen ngenet"
(ngenet )

7. "bentar lagi ih, bentar lagi.."
(bentarnya mw berapa jam juragan??)

8. "Mas boleh ikut duduk?"
(ga nyambung .. ;p )

Nah, udah tau kan kondisi teknologi untuk ngenet sekarang kayak gimana. Terutama dengan adanya Wi-Fi, kemudahan koneksi ngenet memang semakin "puyer enam belas" alias good good good~

Tapi inga,inga, ting! Sebagai masyarakat umum, tentunya ada etika selagi ngenet yang harus diperhatikan. Jangan mentang-mentang asik di dunia maya jadi lupa daratan semesta. Patuhilah peraturan yang berlaku di tempat ngenet wi-fi (hotspot), dan jangan nyusahin temen disekitar kamu. Berilah kesempatan untuk ngenet bagi user yang prioritasnya lebih urgent dibanding sekedar hiburan. Intinya, ngenet sekarang emang boleh dimana aja, kapan aja, siapa aja. Tapi aturlah waktu dan prioritasnya jangan ampe kebablasan.
OK!


Hmm..
Udah dulu deng. Tulisan ini diposting sebagai warming up ngeblog lho, bosen kan kalo posting tanpa ada informasi yang kata tetangga sebelah mah, "realistis". hehe.,
Semoga jadi wawasan tambahan buat yang baca.

-melapor dari ruang ICT lt.1 FPMIPA UPI,
ilhamgemilang :)

Tidak ada komentar: